Popular posts

Daftar Isi

Lights Of Heaven
Unknown On 13 Maret 2013


Tidak seperti Microsoft Excel, aplikasi pengolahan dokumen Microsoft Word tidak didesain untuk membuat daftar dalam jumlah yang banyak dan juga dengan berbagai tool yang memang mendukung pengolahan data semisal daftar karyawan, gaji, bonus, potongan dan keterangan lainnya. Jikalau memang Microsoft menjadi pilihan aplikasi yang digunakan, pada akhirnya proses yang dibutuhkan akan sedikit lebih rumit dibanding menggunakan Excel.
Membuat daftar urut di MS Words

Misalnya saja mengurutkan data berdasarkan nama atau nilai tertentu, agar data dapat diperiksa dengan cepat dan mudah perlu dilakukan pengurutan baik berdasarkan karakter nama atau value lainnya yang terdapat di dalam tabel dokumen Anda. Bagaimana cara melakukan itu? Ini dia tipsnya untuk Anda.
  • Buka data Anda, kemudian blok mulai kolom kedua atau mulai kolom selain nomor tabel.
Contoh membuat daftar untuk kemudian diurutkan di Microsoft Word
  • Pada menu ribbon Table Tools, klik Layout – Sort.
Mensortir data di MS Words
  • Pada bagian Sorty by pilih Nama jika Anda ingin mengurutkan berdasarkan kolom Nama. Pada bagian Type pilih Text, Using pilih Paragraphs dan pilih tombol radio Ascending untuk mengurutkan dari abjad A, sedangkan Descending untuk urutan mulai dari Z. Pada bagian My list has isi dengan Header row jika pada langkah pertama di atas Anda melakukan blok mulai dari nama kolom, jika tidak maka pilih No header row.
Urut berdasarkan nama Microsoft Words
  • Klik tombol Options dan centang Sort column only lalu klik tombol OK dan sekali lagi klik tombol OK. Pada beberapa kasus pada tindakan mengklik tombol OK yang kedua tidak terjadi perubahan apapun, jika Anda mengalami hal tersebut, ulangi langkah 2 dan 3 tanpa mengklik tombol Options melainkan langsung klik tombol OK.
Sortir berdasarkan kolom pada Office Words
  • Nah, ini dia hasil mengurutkan data berdasarkan kolom Nama dan mode Ascending.
Membuat daftar nama dan kemudian diurutkan
  • Jika Anda ingin mengurutkan data berdasarkan kolom Fee misalnya, ulangi langkah pertama dan kedua, kemudian pada bagian Sort by pilih Fee, Type Number dan mode Ascending atau Descending, pada kasus ini saya ingin mengurutkan fee dari nilai terkecil, jadi saya pilih Ascending. Terakhir klik tombol OK.
Mengurutkan tabel berdasarkan kolom
  • Berikut adalah hasil akhirnya.
Hasil dari tabel dan data yang sudah diurutkanCara ini sangat penting untuk diketahui, karena suatu saat Anda pasti akan membutuhkan trik mengurutkan data pada Microsoft Word ini. Pastikan Anda tidak melakukan seleksi kolom Angka atau meninggalkan salah satu kolom terakhir agar tidak terjadi kekacauan Data. Memasukkan urutan nomor dapat mengacaukan urutan nomor tersebut, sementara meninggalkan salah satu kolom akan membuat data juga semakin kacau. Hati-hati ya, dan selamat mencoba!